Tips Menggunakan Treadmill di Rumah buat Pemula, Perhatikan Durasi dan Kecepatan

Treadmill termasuk alat olahraga yang mengkomodasi gerak tubuh sederhana, yakni berjalan. Jika malas keluar rumah namun ingin tetap bergerak, maka berjalan santai, jalan cepat, sampai berlarilah di atas treadmill.

Bagi pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai berjalan di atas treadmill. Kendati terbilang sederhana, gerakan berjalan di atas alat yang berputar otomatis ini juga berpotensi memicu cedera.

Sebelum menggunakan treadmill, pelajari dulu fungsi dan fiturnya, misalkan cara mengatur kecepatan, pengaturan durasi, pemasangan alat, daya listrik, hingga pemindahan fungsi dari alas yang mendatar hingga menanjak. Pastikan menempatkan treadmill pada lantai yang datar dan kuci darudat sudah terpasang.

Menggunakan treadmill lipat maupun non-lipat hampir sama. Yang membedakan hanya bentuk dan kepraktisannya saja. Gunakan sepatu dan busana yang nyaman selama menggunakan treadmill. Jangan bertelanjang kaki atau memakai sendal di dalam rumah karena bisa memicu lecet pada beberapa bagian kaki.

Nyalakan treadmill dan berdiri di atas panel yang berputar. Kamu bisa mulai menekan tombol start dan akan muncul aba-aba waktu panel mulai bergerak. Ikuti dulu laju panel dari yang paling lambat.

Jika hendak berjalan di atas treadmill dalam waktu 30 menit, maka lakukan pemanasan atau first step pada kecepatan 1,5 hingga 2 kilometer per jam selama 10 menit. Kecepatan saat melakukan treadmill bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Bagi yang mengalami kelebihan berat badan atau sudah berusia 50 tahun ke atas, jangan berjalan atau berlari terlalu cepat di atas panel treadmill. Pastikan kondisimu prima saat berolahraga dan tidak pula dalam kondisi kelelahan.

Pengguna treadmill pemula juga dapat mencoba tes tiga menit, yang terdiri dari satu menit jalan santai, satu menit jalan cepat, dan satu menit berlari. Apabila setelahnya kamu masih merasa nyaman dan bernapas seperti biasa, boleh tingkatkan kecepatan treadmill.

Jika ingin menurunkan berat badan dengan bergerak di atas treadmill, maka berlatihlah sekitar 30 – 45 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Namun demikian, tetap harus diiringi dengan pola makan yang sehat dan cukup istirahat.

LAURENSIA FAYOLA | PLANET FITNESS | TREADMILL REVIEWS | RUNNER BLUE PRINT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.