Marshanda Bagi Foto Badannya yang Menggemuk: Belajar Mencintai Diri Sendiri

Belakangan ini, artis, Marshanda membagikan foto-foto dirinnya yang menggemuk. Menurut Marshanda, ini adalah bagian dari kampanye untuk mencintai dirinya sendiri.

“Kamu disebut seorang dewi karena perbuatan dan niatmu yang baik, bukan dari berat badanmu. Tubuhku sempurna dan aku mencintainya, “ tulis Marshanda dalam unggahannya, Selasa 14 Juli 2021.

Sebelumnya, dalam saluran YouTubenya Marshed, Jumat 9 Juli 2021, Marshanda membagikan cerita soal kenaikan berat badannya ini. Menurut Marshanda, obat-obatan untuk penyakit gangguan bipolar ini memiliki efek samping memperlambat metabolisme. Selain itu, obat ini juga meningkatkan nafsu makan yang membuat berat badannya naik.

Namun, karena bekerja di dunia hiburan, yang menurut dia, perempuan harus sempurna, kurus dan ideal, ia merasa tubuhnya tidak normal. Akhirnya, ia beralih ke cara yang tidak sehat dan instan, yaitu dengan mengkonsumi obat penahan nafsu makan. “Sejak 2009 sampai sekarang, gue struggle untuk jaga badan supaya tetap kurus selama bertahun-tahun dan cuma bisa berhasil kalo gue konsumsi obat penahan nafsu makan,” ujar mantan istri Ben Kasyafani ini.

Meski tidak menyarankan, ia tidak mau menyalahkan orang-orang yg minum obat penahan nafsu makan. Namun karena, ia menderita mental illness, obat-obatan ini tidak cocok untuk dirinya, karena bisa meningkatkan kecemasan berlebih. “Gue ngerasa pressure yang gede untuk harus kurus, bukan Cuma entertainment tapi juga lingkungan,” ujar ibu satu anak ini.

Tidak hanya di YouTube, Marshanda juga menuliskan hal yang sama tentang kampanye positive body image. Pemeran Lala di sinetron Bidadari ini, sengaja melakukan pemotretan dan tidak akan melakukan editing apapun untuk hasil fotonya. “Gue enggak akan edit perut gue biar jadi rata, atau edit tangan dan pipi gue jadi lebih kempes. Gue akan tampil apa adanya dengan tubuh sehat yang gue punya dan cintai,” tulisnya.

Dengan berbagi hasil foto-fotonya, Marshanda juga mengumumkan akan berhenti mengkonsumsi obat penahan nafsu makan. Sekaligus, ia ingin berhenti merasa tidak nyaman dengan tubuhnya atau mendengar omongan orang. ”Gue olahraga, berusaha untuk makan lebih baik, dan minum adaptogen & celery juice setiap hari dan ritual-ritual kesehatan gue lainnya, “ tulisnya lagi.

Kampanye ini, menurut Marshanda, adalah bagian dari mencintai dirinya dan lebih percaya diri. Baginya saat ini, ia hanya ingin sehat dan bahagia dengan tubuhnya. “Dengan rutinitas sehat yang gue lakukan, seberat badan apapun gue, pengen bahagia dengan diri gue sendiri. Ini lebih susah dari membuka ke publik kalo gue punya bipolar disorder, kalau gue gemuk dan gue nggak apa-apa,” ujarnya.

DEWI RETNO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.