Cara Belajar Bahasa Mandarin dengan Cepat dan Mudah

Mempelajari kata sifat bahasa Mandarin tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dipelajari. Semua cara belajar bahasa mandarin secara otodidak sudah dilakukan namun masih merasa ada yang kurang.

Mungkin Anda merasa cara-cara tersebut kurang cocok atau masih sulit untuk dilakukan. Nah, daripada bingung, lebih baik simak artikel di bawah ini agar Anda mendapatkan metode belajar baru yang lebih cocok untuk Anda.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin dengan Cepat dan Mudah?

  1. Latihan Sesering Mungkin

Jangan takut atau malu. Banyak orang asing telah tinggal di Shanghai atau Beijing selama beberapa tahun tetapi kemampuan bahasa Mandarin mereka terbatas pada ucapan (ni hao ) dan (xie xie). Mengapa demikian? Hal ini disebabkan mereka tidak pernah menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.

Tidak apa-apa jika mereka tidak merasa perlu untuk belajar bahasa Mandarin tetapi bagi Anda sebagai seseorang yang sedang belajar bahasa Mandarin, sangat diperlukan untuk melatih keterampilan berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Mandarin.

Latih kosakata Mandarin dengan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Dengan itu, Anda dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan berbicara bahasa Mandarin Anda.

  1. Belajar Bahasa Mandarin dengan Memperkuat Bagian yang Lemah dan Penting

Kebanyakan orang yang belajar bahasa Mandarin menyerah ketika mereka menemukan kosakata bahasa Mandarin yang sulit. Ketika itu terjadi pada Anda, jangan menyerah. Perkuat kosakata bahasa Mandarin yang menjadi kelemahan Anda.

Tidak hanya itu, salah satu cara cepat belajar bahasa Mandarin adalah dengan memperkuat keterampilan di bidang penting seperti tata bahasa dan pembentukan kalimat.

Tetapkan tujuan belajar, seperti lulus ujian HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi Tes untuk menguji tingkat mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa Mandarin) dan ujian HSKK (Hanyu Shuiping Kaoshi Kouyu Tes untuk menguji tingkat berbicara dalam bahasa Mandarin ).

Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda akan mengetahui sejauh mana keterampilan yang ingin Anda miliki dan bagaimana mempelajari bahasa Mandarin apa yang harus Anda lakukan. Tapi ingat, tujuan belajar juga harus dibuat serealistis mungkin agar tidak menyerah di tengah jalan.

  1. Kuasai Kata-Kata Dasar dan Terhubung dengan Pemetaan Pikiran

Pelajari dan kuasai bentuk kata dasar kosakata bahasa Mandarin terlebih dahulu. Dengan menguasai tenses dasar, akan lebih mudah untuk mempelajari bentuk kalimat. Lalu, bagaimana memahami bentuk dasar kata-kata Cina?

Salah satu cara cepat belajar bahasa Mandarin adalah dengan membuat mind mapping dan dibantu dengan flashcard. Peta pikiran atau mind mapping adalah metode pembelajaran dengan menggunakan diagram untuk menggambarkan kata-kata, ide, tugas, atau poin penting yang saling berhubungan dengan titik inti di tengah sebagai ide inti.

Metode mind mapping ini sangat berguna untuk belajar kosakata bahasa Mandarin. Anda akan lebih memahami bentuk kata dalam sebuah kalimat. Setelah membuat mind map, Anda juga bisa membuat flashcard sebagai alat bantu belajar. Flashcard ialah potongan kertas yang cukup tebal berupa kartu dan berisi materi pelajaran.

  1. Jangan biarkan motivasi belajar bahasa Mandarin terhambat oleh intonasi

Dalam bahasa Mandarin ada empat jenis intonasi, yaitu:

Intonasi datar (ping) -> —

Intonasi naik (shang) -> /

Intonasi memantul (qu) -> V

Intonasinya agak menghentak (ru) ->

Nah, inilah mengapa intonasi sangat penting dalam bahasa Mandarin. Kata yang sama dalam bahasa Cina dapat memiliki arti yang berbeda ketika diucapkan dengan intonasi yang berbeda.

Contoh:

“Kalajengking” dalam bahasa Cina adalah xiē zi dan untuk “sepatu” itu adalah xié zi

“Bertanya” dalam bahasa Cina adalah wèn dan “ciuman” dalam bahasa Cina adalah wěn.

Anda juga bisa belajar kosakata bahasa Mandarin dari ebook mandarin lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.