Tips Mendesain Rumah Tradisional Combi Modern

Ingin mendesain rumah yang beda dari biasanya? Tentu saja bisa. Contohnya mendesain dengan tema tradisional namun ada sentuhan modernnya. Pasti akan menjadi salah satu proyek rumah yang menarik. Tapi proyek ini tentunya bisa membutuhkan banyak pertimbangan dan budget ya. 

Tips Mendesain Rumah Ala Tradisional dengan Sentuhan Modern

Berikut ini beberapa tips untuk inspirasi rumah tradisional dengan gaya modern untuk Anda: 

1. Riset tentang Arsitektur Tradisional

Lakukan riset mendalam tentang arsitektur tradisional yang ingin Anda gabungkan dengan desain modern. Cari sebanyak mungkin referensi inspirasi rumah yang Anda inginkan. Pahami setiap elemen-elemen khas yang dimiliki oleh rumah tradisional, seperti material bangunan, bentuk atap, detail ornament, dan tata ruang. 

Kemudian setelah itu Anda juga bisa memadukannya dengan model rumah modern yang sedang hits saat ini. Bila perlu, konsultasikan dengan arsitek profesional yang berpengalaman dalam merancang rumah tradisional dengan sentuhan modern.

2. Detail Ornamen Tradisional

Tambahkan detail ornamen tradisional yang khas, seperti ukiran kayu, pahatan batu, atau anyaman bambu pada elemen arsitektur dan furnitur. Hal ini akan memberikan keunikan pada rumah Anda.

Selain itu gaya etnik atau kuno juga bisa Anda angkat, seperti contoh furniture dengan permukaan kasar tanpa finishing. 

Anda bisa satukan gaya etnik tersebut dengan modern dalam satu ruangan. Caranya dengan integrasi teknologi modern. Gabungkan teknologi modern dengan hati-hati untuk menjaga keseimbangan antara gaya tradisional dan modern di rumah Anda. Misalnya, gunakan pencahayaan yang cerdas dan baik, sistem pengaturan suhu ruangan yang bagus atau solusi pintar lainnya untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi energi di rumah Anda.

3. Mixed-combo

Anda juga bisa menyatukan gaya etnik masa lampau dengan gaya modern saat ini dalam rumah Anda. Contohnya seperti modifikasi dekor ruangan dengan menggunakan desain interior menggunakan elemen-elemen khas masa lampau atau bersejarah dengan sentuhan modern pada beberapa sudut. 

Misalkan pilih palet warna yang sejalan dengan gaya tradisional, seperti warna tanah, cokelat, atau nuansa alami lainnya. Tambahkan juga sentuhan warna yang lebih cerah atau kontras untuk memberikan aksen modern yang menyegarkan.

Selain itu manfaatkan jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan memberikan pandangan luar yang indah. Pilihlah jendela dengan bingkai kayu atau logam yang menghormati gaya tradisional.

Pilih furnitur yang cocok dengan konsep dan gunakan aksesori atau hiasan dinding yang menggambarkan elemen tradisional.

4. Kombinasi Atap dengan Bangunan

Anda juga bisa mengkombinasikan inspirasi rumah Anda dengan modifikasi atap rumah menjadi atap rumah tradisional. Anda bisa memilih atap rumah adat yang Anda inginkan. 

Namun jangan aplikasikan rumah adat keseluruhan, gunakan atapnya saja, sedangkan untuk bangunannya Anda bisa gunakan gaya modern saat ini supaya terlihat unik dan cantik. 

5. Memilih Material yang Sesuai

Pilih bahan bangunan yang mencerminkan keaslian rumah tradisional, seperti kayu, batu alam, atau anyaman bambu. Selain itu gunakan juga material yang kualitasnya terjamin dan kokoh supaya Anda tidak rugi dan bekerja dua kali dalam membangun. 

Pastikan juga untuk menggabungkannya dengan material modern seperti kaca atau logam untuk memberikan sentuhan kontemporer. Anda bisa menemukan material terpilih dan terbaik di SCG.

SCG menyediakan banyak produk untuk membangun rumah impian Anda. SCG siap melayani material apa saja yang Anda butuhkan untuk rumah Anda, ada bata ringan SCG smartblock yang sangat cocok untuk interior maupun eksterior rumah Anda. Smartblock SCG adalah yang terbaik. Dengan ketahanan yang super kuat dapat meredam gempa dengan baik dan mampu menahan api lebih lama dari block biasanya. Kunjungi https://scgcbm.id/ untuk informasi produk lainnya. 

 

Referensi

https://www.google.com/amp/s/www.solopos.com/perpaduan-rumah-tradisional-dan-modern-coba-perhatikan-hal-hal-ini-1126101/amp

https://mosaicart.id/tips-ciptakan-dekorasi-rumah-tradisional-modern/

https://scgcbm.id/scg-product/scg-smartblock/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *