Tips Memilih Pengiriman Paket Keluar Negeri

Di waktu tertentu mungkin anda akan diharuskan mengirimkan barang antar negara, entah itu untuk berbelanja ataupun misalnya mengirimkan barang untuk kebutuhan rekan anda di luar negeri.

Hal ini akan merepotkan apalagi jika sebelumnya anda belum pernah mengirimkan barang antar negara. Perasaan was was mungkin akan anda rasakan ketika pertama kali berkirim barang. Takut barang tidak sampai dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sebelum mengirim barang ke luar negeri  seperti misalnya impor Brunei Darusalam ke Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Apa Saja Tips Memilih Pengiriman Paket Keluar Negeri?

  1. Memilih Jasa yang Kredibel

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika ingin mengirimkan barang antar negara adalah memastikan anda memilih jasa pengiriman barang keluar negeri yang kredibel atau dapat dipercaya.

Cara termudah untuk mengetahui sebuah jasa layak atau tidak layak anda pakai adalah dengan mengeceknya melalui google. Anda bisa mencari tahu kredibilitas jasa tersebut baik lewat website resminya ataupun testimoni dan pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan jasa tersebut. Ini bisa menjadi pertimbangan anda nantinya.

  1. Pilih Jasa yang Komunikatif

Terkadang selama pengiriman barang, ada kendala kendala tertentu yang diluar perkiraan anda seperti misalnya barang tertahan di bea cukai ataupun masalah-masalah lainnya selama pengiriman.

Maka dari itu, dari awal anda harus memilih jasa pengiriman yang komunikatif. Ini dilakukan agar ketika anda bertemu dengan momen seperti itu pihak jasa bisa dengan sigap membantu masalah anda.

Carilah jasa yang memiliki costumer costumer service yang ramah dan juga fast respond ketika membalas chattingan anda.

  1. Pilih Ongkir Murah

Setiap jasa pengiriman menerapkan tarif yang berbeda untuk pengiram baik kedalam negeri ataupun luar negeri. Biasanya hitungan tarif didasarkan berat perkilogram barang ataupun ukuran volume dari barang yang akan dikirim.

Ketika memilih jasa pengiriman keluar negeri pilihlah jasa yang memiliki ongkir murah. Namun, meskipun murah anda harus tetap memperhatikan pelayanan mereka. Jangan sampai harga ongkir murah namun pengiriman lama dan prosesnya ribet. Itu nantinya akan merugikan anda juga.

  1. Minta Rekomendasi

Sebelum melakukan aktivitas impor atau ekspor barang, ada baiknya anda belajar terlebih dahulu tentang dunia tersebut, baik dengan mengikuti workshop ataupun bergabung dengan komunitas ekspor impor yang ada di kota anda.

Setelah bergabung dengan komunitas tersebut anda bisa meminta rekomendasi tentang jasa pengiriman apa saja yang biasa mereka gunakan dan bagaimana kendala kendala yang sering terjadi selama pengiriman.

Itu nantinya bisa menjadi pertimbangan penting untuk anda ketika akan melakukan aktivitas pengiriman barang dalam jumlah besar.

Itulah beberapa tips tentang memilih jasa pengiriman paket dari dalam negeri ke luar negeri ataupun sebaliknya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.