Resep Es Kopi Kacang Hijau Organik yang Enak dan Bisa Jadi Menu Sehat Harian

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang minuman kopi dengan campuran rempah-rempah yang baik untuk kesehatan tubuh. Kali ini kita akan mengulas tentang resep es kopi kacang hijau. Kedengaran mungkin sedikit aneh, tapi bisa jadi anda ketagihan jika sudah mencobanya.

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali racikan kopi unik di dunia, salah satunya kopi kacang hijau ini. Paduan bubur kacang hijau dengan manisnya kopi tak hanya melegakan tenggorokan, tapi juga mengenyangkan dan bisa mencukupi kebutuhan serat tubuh. Tertarik untuk mencobanya? Simak resep es kopi kacang hijau berikut ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 200 gram kacang hijau
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 ml susu putih
  • 2 sdm kopi hitam bubuk
  • 2 sdm gula aren cair
  • kental manis secukupnya
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kopi Kacang Hijau

  1. Pastikan kacang hijau sudah direndam selama semalam, cuci bersih dan rebus dengan gula pasir serta pandan.
  2. Masak hingga matang dan empuk. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal pastikan rebus hingga butiran merekah dan tidak hancur. Angkat dan sisihkan.
  3. Seduh kopi hitam dengan 50 ml air panas, biarkan dingin.
  4. Masukkan bubur kacang hijau ke dalam gelas. Tuang 2 sendok makan kental manis.
  5. Tuang gula aren di pinggiran dinding gelas. Masukkan es batu secukupnya.
  6. Tuang susu lalu kopi. Nikmati es kopi kacang hijau.

Jika sudah semua. Selanjutnya aduk sebelum meminumnya agar manisnya merata. Es kopi kacang hijau siap dinikmati.

Kandungan Sehat Kacang Hijau untuk Tubuh

Kacang hijau dipercaya memiliki kandungan sehat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Terlebih pada kacang hijau organik, anda bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya;

  1. Sebagai Sumber Protein Berkualitas

Kacang hijau organik mengandung protein yang tinggi. Protein ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, protein kacang hijau organik mudah dicerna dan baik untuk menjaga kesehatan otot.

  1. Kaya Serat dan Prebiotik

Kacang hijau mengandung serat yang dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan mencegah sembelit. Selain itu, kacang hijau organik berguna sebagai prebiotik yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang hijau juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi dari infeksi, serta membantu tubuh melawan radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Tulang

Kacang hijau organik kaya akan magnesium dan kalium, yang dapat menjaga tekanan darah normal dan menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

  1. Mengontrol Gula Darah

Hebatnya lagi, kacang hijau memiliki indeks glikemik rendah, sehingga efektif membantu mengontrol gula darah dan cocok untuk penderita diabetes.

Nah, itulah resep es kopi kacang hijau yang bisa anda coba di rumah. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan  berbagai manfaat dari kacang hijau. Pastikan jika anda ingin mencobanya gunakan kacang organik yang tersedia di Healthy Choice. Di sini anda bisa mendapatkan berbagai produk makanan dan camilan sehat. Klik di sini untuk berbelanja dan selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *