Ketahui Tentang Sejarah dan Tujuan Dibentuknya PAFI

Persatuan Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan sebuah organisasi yang memiliki peran penting dalam perkembangan dunia farmasi di Indonesia. Didirikan pada tanggal 13 Februari 1946 oleh tokoh penting, Bapak Zainal Abidin, PAFI menjadi organisasi farmasi pertama dan tertua di Indonesia.

Seiring dengan perjalanan waktu, PAFI telah mengalami berbagai perubahan dan berkembang menjadi organisasi yang berperan aktif dalam menciptakan masyarakat yang adil, makmur, dan sehat berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Sejarah Pembentukan PAFI

PAFI lahir di tengah-tengah perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan dari penjajahan Belanda. Pendiriannya pada tahun 1946 mencerminkan semangat kebangsaan dan keinginan untuk membangun sektor farmasi yang mandiri. Bapak Zainal Abidin, seorang tokoh penting yang berperan dalam peristiwa di Hotel Merdeka Yogyakarta, adalah sosok yang memimpin pembentukan PAFI pada masa itu.

Pada awalnya, organisasi ini dikenal dengan nama TTK (Tubuh Tenaga Kesehatan). Namun, seiring dengan perkembangan waktu dan perubahan dinamika politik, PAFI berkembang menjadi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Proses perubahan ini juga mencerminkan evolusi peran dan tujuan organisasi dalam menghadapi tantangan zaman.

Selama masa penjajahan Belanda, akses terhadap pendidikan dan pembangunan sektor farmasi sangat terbatas. Hanya segelintir kalangan terdidik yang lulus dari sekolah-sekolah yang dijalankan oleh pemerintah kolonial Belanda yang dapat mengelola bidang farmasi. Hal ini menjadi salah satu alasan munculnya kebutuhan akan sebuah organisasi yang dapat mewadahi dan mendorong perkembangan dunia farmasi di Indonesia.

Tujuan Dibentuknya PAFI

Menciptakan Masyarakat Adil dan Makmur Berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila

PAFI percaya bahwa kesehatan adalah hak bagi setiap individu. Dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, PAFI berkomitmen untuk mengupayakan kesehatan yang merata bagi semua lapisan masyarakat, tanpa diskriminasi.

Mewujudkan Terbentuknya Derajat Kesehatan Secara Optimal bagi Semua Masyarakat di Indonesia

Salah satu fokus utama PAFI adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Melalui berbagai program dan kegiatan, PAFI berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan.

Peningkatan serta Pengembangan Pembangunan Farmasi di Indonesia

Sebagai organisasi yang mewadahi para ahli farmasi, PAFI memiliki peran penting dalam pengembangan dan pembaruan dalam bidang farmasi di Indonesia. PAFI aktif dalam meningkatkan standar profesi, mengembangkan penelitian, dan memperkenalkan inovasi terbaru dalam praktik farmasi.

Meningkatkan Kesejahteraan Indonesia

PAFI menyadari bahwa kesehatan merupakan faktor kunci dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, PAFI berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui peningkatan akses terhadap layanan kesehatan berkualitas dan pembangunan sektor farmasi yang berkelanjutan.

PAFI, sebagai organisasi farmasi tertua di Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan sektor kesehatan dan farmasi di Indonesia. Melalui sejarahnya yang panjang dan tujuannya yang mulia, PAFI terus berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam memajukan dunia farmasi dan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Untuk teman-teman yang ingin turut berkontribusi dalam upaya mencapai tujuan-tujuan mulia PAFI, Anda dapat bergabung dengan PAFI Cabang Tanjung Jabung Barat melalui situs resmi mereka di https://pafitanjungjabungbarat.org/.

Bergabung dengan PAFI Cabang Tanjung Jabung Barat akan memberikan Anda kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan memajukan sektor farmasi di daerah tersebut. Mari bergabung dan berperan aktif bersama PAFI untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *