Harga Cabai Masih Mahal di Jakarta, Mendag Akan Cek PasarJohar Pagi Ini

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan akan mengunjungi Pasar Johar Baru di Jakarta Pusat, pagi ini, Senin (4/12/2023)untuk memantau harga dan ketersediaan stok bahan pokok. Sebelumnya, ia telah melakukan hal serupa di Pasar Senen, Jakarta Pusat, dan dia mengatakan upaya menjaga stok dan stabilitas harga bapok merupakan prioritas utama pemerintah. "Ini Nataru penting ya karena menjamin kesediaan bapok, harga terjangkau, itu yang utama bagi kami agar Nataru bisa berlangsung dengan baik," katanya, Kamis (30/11/2023).

Menjelang libur Natal dan tahun baru kali ini, ia menyebut harga cabai mulai naik. Menurut dia, harga cabai di Jakarta masih mahal karena lokasi produksinya ada di daerah lain. "Harga cabai memang masih mahal di Jakarta karena mungkin cabainya ditanam di daerah. Kemarin saya ke Gresik, cabai sudah turun ke Rp70.000. Di sini tadi saya cek masih Rp90.000 Rp100.000," ujarnya. Ia berharap jika ada bahan pokok yang mahal, Pemerintah Daerah (Pemda) bisa bertindak dengan membantu ongkos kirimnya dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) daerah.

"Kalau memang sudah melebihi, Pemda bisa menggunakan dana belanja tidak terduga untuk membantu subsidi ongkosnya," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu. Harga Cabai Masih Mahal di Jakarta, Mendag Akan Cek PasarJohar Pagi Ini Harga Cabai di Jakarta Mahal, Bapanas Bongkar Biang Keroknya

Harga Cabai Rawit Masih Mahal, Petani di Banyuwangi Panen Cuan Harga Cabai Rawit Masih Mahal di Situbondo, Bahkan Harga Lombok Besar dan Cabai Hijau Ikut Pedas Mendag Tinjau Stok Barang Pokok di Pasar Pagi Tos 3000 Batam, Dapati Harga Ayam & Cabai di Angka Ini

Harga Kangkung di Pasar Batam Masih Mahal Tetapi Harga Aneka Cabai Mulai Stabil Mendag Cek Harga di Pasar Johar Baru, Cabai Merah Dibanderol Rp120 Ribu Per Kg Dia mengatakan komoditas pangan lainnya berada pada angka yang stabil. Contohnya seperti bawang bawangan.

Harga bawang putih dibanderol Rp32 ribu Rp33 ribu per kilogram (kg), sedangkan bawang merah Rp30 ribu Rp35 ribu per kg. "Kalau di Jawa kemarin harga bawang Rp26 ribu, murah sekali, rugi (petani). Kalau bawang Rp35 ribu itu sedang, Rp40 ribu lah sedangnya, tapi di sini antara Rp30 ribu Rp35 ribu," kata Zulhas. Lalu, harga telur ayam disebut sedang dalam kondisi stabil, sekitar Rp27 ribu hingga Rp28 ribu per kg.

Daging ayam juga disebut stabil, tak ada perubahan harga. "Harganya Rp33 ribu. Kalau dipotong kakinya, (jadi) Rp35 ribu," ujar Zulhas. Zulhas mengakui bahwa harga daging ayam masih di bawah acuan. Jika dijual Rp33 ribu, peternak ayam disebut akan mengalami kerugian. Sebab, peternak ayam ada tambahan hitungan lagi, di mana mereka harus menghitung harga pakan dan lain sebagainya.

"(Harga daging ayam) paling murah mestinya Rp37 ribu lah. Dijual Rp35 ribu peternaknya rugi," ujar Zulhas. Kemudian untuk harga beras, ia mengatakan harga belum turun. Namun, dia bilang kalau masyarakat keberatan dengan harga premium, bisa membeli beras Bulog SPHP yang harganya Rp 11 ribu per kilogram. Lalu, minyak goreng juga disebut harganya stabil, tetapi berbeda lagi dengan minyak goreng premium yang mengikuti harga pasar.

Kalau masyarakat ingin membeli minyak goreng yang harganya terjangkau, Zulhas bilang pemerintah punya minyak goreng merek Minyakita yang harganya dijamin pemerintah. Zulhas juga sebelum ke Pasar Senen, ia mengunjungi Pasar Baru, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa, (28/11/2023). “Secara umum harga Bapok di Gresik, Jawa Timur menjelang Natal dan Tahun Baru terpantau turun. Hal ini disebabkan banyaknya pasokan Bapok. Tidak mungkin harganya turun kalau pasokannya sedikit,” ungkap Zulhas.

Sejumlah harga komoditas Bapok di Pasar Baru Gresik disebut stabil, yaitu minyak goreng curah Rp13.500/lt, beras medium Rp13.000/kg, dan beras premium Rp14.000/kg. Kemudia, gula pasir Rp16.500/kg, tepung terigu Rp12.000/kg, minyak goreng premium Rp18.000/lt, dan minyakita Rp14.500/lt. Lalu, daging sapi Rp100.000/kg, bawang merah Rp28.000/kg, bawang putih Rp33.000/kg, telur ayam ras Rp26.000/kg, serta beras Bulog Rp10.900/kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *