BMKG: Kawasan Pantai Hingga Gunung di Yogyakarta Berpotensi Hujan Sepanjang Hari

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengeluarkan peringatan bagi wisatawan yang melancong ke wilayah itu. Menurut BMKG, ada sejumlah kawasan wisata yang berpotensi terus diguyur hujan sepanjang hari memasuki pekan kedua November ini.

“Seperti kawasan perbukitan Menoreh di Kulon Progo pada Jumat besok akan diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang dari pagi hingga petang,” kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas, Kamis, 11 November 2021.

Selain itu, hujan sepanjang hari dengan intensitas ringan diperkirakan mengguyur kawasan wisata seperti Malioboro-Tugu di Kota Yogyakarta, kawasan pantai selatan seperti Pantai Glagah-Congot di Kabupaten Kulon Progo, Pantai Depok- Parangtritis di Kabupaten Bantul serta Pantai Siung-Wediombo di Kabupaten Gunung

“Kawasan wisata sekitar Candi Prambanan di Yogya bagian timur juga diprediksi hujan ringan sepanjang hari namun saat siang intensitasnya naik menjadi sedang,” kata Reni.

Reni mengatakan secara umum di seluruh wilayah DI Yogyakarta sejak Kamis hingga Jumat, 11-12 November memang akan diselimuti hujan. “Warga perlu mewaspadai dampaknya,” kata dia.

Dampak itu antara lain jalanan akan menjadi licin atau jarak pandang berkurang, muncul potensi gangguan skala kecil dan jangka pendek pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas. “Bisa pula meningkatkan potensi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil, terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala kecil dan terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil,” kata Renu.

Selain itu, banjir menggenangi sebagian jalanan dan permukiman yang mengganggu aktivitas masyarakat Yogyakarta meski masih dalam skala kecil. “Kami meminta warga tetap tenang namun waspada, dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.