Saham Bukalapak Anjlok hingga ARB, Investor Protes dan Beri Bintang 1 di Playstore

Turunnya harga saham Bukalapak (BUKA) hingga mencapai batas auto rejection bawah alias ARB ditanggapi oleh investor atau warganet di Playstore sejak kemarin, Selasa, 10 Agustus 2021.

Berdasarkan pantauan Tempo sejumlah pengguna Playstore memberikan komentar mengenai harga saham emiten teknologi tersebut sembari membubuhi rating bintang satu.

“Bikin harga saham pada turun, IHSG anjlok, ampun-ampunan dahhhh,” tulis salah satu warganet sembari memberi rating bintang 1 pada laman Bukalapak di Playstore, Selasa, 10 Agustus 2021.

Adapula warganet yang mengaku rugi lantaran harga saham Bukalapak turun hingga mencapai batas ARB pada perdagangan kemarin, sehingga memberi bintang 1. “Rugi gara-gara ARB,” tulis pengguna tersebut.

Selain para warganet yang membubuhi bintang 1 dan memprotes harga saham startup unicorn tersebut, adapula pengguna yang berharap saham BUKA bisa bangkit kembali pada perdagangan Kamis besok. Sehingga, ia pun memberikan bintang 5. “BUKA akan balik. Sabar para investors/traders,” tulisnya.

Saham Bukalapak.com alias BUKA terjun bebas pada perdagangan kemarin. Saham emiten ini menutup sesi di level Rp 1.035 per saham atau turun 6,7 persen dan mencapai batas Auto Rejection Bawah.

“Hal itu seiring dengan masih derasnya aksi jual yang dilakukan investor terhadap saham ini,” dinukil dari analisis Samuel Sekuritas Indonesia, Selasa, 10 Agustus 2021.

Berdasarkan aturan di Bursa Efek Indonesia batas auto rejection bawah untuk saham dengan harga acuan Rp 200 sampai dengan Rp 5.000 adalah bila saham turun hingga 7 persen. Saham Bukalapak yang paling banyak dijual asing di pasar reguler pada perdagangan kemarin dengan nilai Rp 141,6 miliar.

Menanggapi itu, Bukalapak mengatakan pergerakan saham itu murni mekanisme pasar. “Transaksi saham Bukalapak di bursa saham setelah melakukan listing murni merupakan mekanisme pasar,” ujar VP Corporate Affairs PT Bukalapak.com Tbk Siti Sufintri Rahayu dalam keterangan tertulis kepada Tempo.

CATATAN: Berita ini mengalami penambahan tanggapan dari Bukalapak sekaligus sebagai ralat dari tayangan sebelumnya. Perubahan dilakukan pada Kamis, 12 Agustus 2021 pukul 15.33. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.