KBBI Jadikan Boba hingga Bucin Sebagai Kata Baku Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) setiap tahunnya melakukan dua kali pemutakhiran pada April dan Oktober. Dengan begitu, beberapa kata baru dan kekinian di kalangan anak muda juga masuk dalam KBBI.

Pemutakhiran ini biasanya mencakup penambahan, pembaharuan entri serta perubahan makna pada kata. Kata-kata yang masuk dalam pemutakhiran ini biasanya adalah kata yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-sehari. Setiap tahunnya KBBI juga melakukan penambahan informasi etimologis pada kata-kata yang merupakan bentuk pinjaman dari bahasa Arab.

Mengutip laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jumat, 23 Juli 2021, sebuah kata bisa masuk dalam KBBI jika memenuhi kaidah secara sistematis, leksikal, fonetis, pragmatis, dan penggunaan. Setidaknya, ada 5 hal yang menjadi alasan sebuah kata masuk KBBI yaitu unik, eufonik, seturut dengan kaidah Bahasa Indonesia, tidak berkonotasi negatif, dan kerap dipakai.

Berikut beberapa kata kekinian yang sekarang ada di KBBI seperti dikutip dari laman KBBI daring:

Mager merupakan istilah bahwa seseorang sedang malas untuk melakukan kegiatan apapun. Dalam KBBI, kata “mager” diartikan sebagai malas bergerak atau bisa dikatakan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Kata ‘pansos’ berawal dari istilah panjat sosial. Dalam KBBI diksi ini diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

Kata julid pertama kali dipopulerkan oleh artis tanah air yaitu Syahrini. Dalam KBBI, kata julid diartikan sebagai iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid ini juga biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status maupun pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu.

Dalam KBBI kata ini diartikan sebagai memuji atau menggoda seseorang saat sedang jatuh cinta agar tersipu malu. Kata “cie” merupakan singkatan yang diambil dari bahasa Inggris yaitu, ‘Cause I’m Envy’.

Dalam KBBI kata ini merupakan singkatan dari budak cinta. Hingga saat ini kata bucin masih kerap digunakan untuk menandakan seseorang yang hidupnya berfokus pada pasangannya.

Dalam KBBI, boba diartikan sebagai bola tapioka berstruktur kenyal, terdapat dalam makanan atau minuman, seperti teh susu, jus, kopi, kue dan sebagainya. Atau juga minuman yang terbuat dari teh atau susu dengan perisa atau pemanis tertentu yang dilengkapi dengan boba.

Selama pandemi, banyak orang mengirimkan “hadiah” kepada orang-orang terdekat karena tidak bisa bertemu. Hadiah ini disebut sebagai hamper. Dalam KBBI, hamper diartikan sebagai parcel yaitu bingkisan yang berisi berbagai hadiah, seperti aneka kue, makanan dan minuman dalam kaleng, barang pecah belah, yang ditata apik dalam keranjang dan dikirimkan kepada orang-orang tertentu pada hari raya.

WINDA OKTAVIA

Ternyata Takjil Arti Sesungguhnya Bukan Menu Buka Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.