Alur Ikatan Cinta Dinilai Mirip Sinetron Lain dan Protes Kedua Amanda Manopo

Aktris, Amanda Manopo kembali menyuarakan kebosanannya dengan perkembangan alur sinetron Ikatan Cinta yang dibintanginya bersama Arya Saloka. Melalui unggahan video berisi potongan-potongan adegannya di sinetron itu, ia mengisyaratkan akan meninggalkan sinetron fenomenal itu.

“Kangen sama pekerjaan dulu. Sekarang sudah berbeda. Kangen akan semuanya, Bye,” tulisnya memberikan narasi pada video yang diunggah di Instagram Storynya, Senin malam, 2 Agustus 2021. Ia mengunggah potongan adegan mesranya dengan Arya Saloka, pemeran utama pria di sinetron itu, yang selama ini menjadi pengikat penonton Ikatan Cinta.

Keresahan Amanda ini sebenarnya meneruskan kegusaran para penggemar sinetron yang mendapatkan berbagai prestasi itu. Alur yang kian panjang, njelimet, hingga tak jelas mau ke mana dan berjalan amat lambat serta membosankan, melengkapi penderitaan penonton setia Ikatan Cinta yang mulai tayang pada Oktober tahun lalu.

Kehadiran pemain-pemain baru yang membuat konflik melebar ke mana-mana membuat cerita kian garing. Alur tak lagi berfokus kepada pengungkapan dua pemeran utama untuk menjebloskan Elsa, pelaku pembunuhan sebenarnya ke penjara, tapi diganti dengan konflik-konflik baru yang tak berkaitan dengan cerita utama dan bisa dibuang.

Seruan protes pun terus disuarakan penggemar. Mereka berpendapat, Ikatan Cinta sudah seperti sinetron lainnya, yang terbuai rating tinggi lalu memanjangkan episode dan membuat alur melebar ke mana-mana.

Tagar #IkatanCintaTakLagiSama merajai trending topic di Twitter sejak subuh tadi hingga sore ini, Selasa, 3 Agustus 2021. Para pengguna Twitter ramai-ramai mengancam akan meninggalkan sinetron itu.

12 Selanjutnya

Kangen keluarga kecilnya Al, Mama Rossa, Andin, Reyna. Kangen Kiki jailin Al, kangen rumpinya Uya, Kiki, Mirna. Kangen aksi collab Angga, Al, Rendy kangen FeliRendy jugam,,” cuit @bagindaaratu. “Nyesel nonton nih sinetron mana yang katanya ceritanya sama kayak drakor…makin ke sini basiii balik ke drakor ajalah,” cuit @JoiceStevanie.

Kebanyakan penonton sudah lelah saat protes mereka disampaikan ke kru Ikatan Cinta dan dijawab tidak menyenangkan. Alih-alih menjawab hal yang menyenangkan untuk menghibur penonton, para kru malah menantang penonton untuk mencari tontonan lain.

“Percayalah…Ketika fans/penonton itu marah akan tetapi di antara marah dan jengkelnya mereka masih trus bawel dan mengkritik, sepanjang itulah sebernya berharap Ikatan Cinta itu membaik. Karena jika sudah benar tak peduli, maka mereka akan diam dan undur diri,” tulis @AniesWidyarti.

Bagi yang setia mengikuti sinetron ini, alur sesuai logika memang jauh panggang dari api. Jika dulu penonton merindukan bromance lewat sosok Aldebaran dengan Rendy, asistennya dalam mencari tahu siapa pembunuh Roy, kini tak ada lagi.

Rendy disibukkan dengan jebakan cinta Jennifer, yang semula hadir untuk membantu mengungkap kasus pembunuhan itu. Alih-alih menyelesaikan dengan cepat urusan percintaan, Jennifer justru menjebak Rendy dalam perangkap drama percintaan dan meninggalkan perannya sebagai tangan kanan Aldebaran.

Logika paling tak masuk akal dari sinetron ini adalah peran polisi terlihat amat bodoh. Upaya Aldebaran dan Andin mengungkap siapa pembunuh sebenarnya, diterima mentah-mentah tanpa perjuangan oleh polisi. Tak ada fungsi penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan polisi. Cukup mendengar apa yang sudah dilakukan pemeran utama, polisi tinggal memastikan.

Yang menggelikan, ketika menerima informasi ada lokasi tempat penguburan barang bukti, si polisi langsung memutuskan pergi tanpa melakukan pendalaman dulu. Si polisi tadi, tanpa melibatkan tukang gali, menggali sendiri lokasi tempat Elsa mengubur barang bukti untuk kasus yang sudah terjadi empat tahun lalu. Persis kerbau dicocok hidungnya.

Keanehan paling ajaib dan susah diterima akal sehat adalah, tiga polisi berbadan tegap, ditambah dua pria yakni Nino dan Papa Surya bisa tak berkutik melawan si pembunuh sebenarnya yang tengah berada di dalam kamarnya. Bagaimana si pembunuh, Elsa (sebenarnya diperankan sangat bagus oleh Glenca Chysara), yang tengah hamil dan memiliki riwayat keguguran dua kali, bisa meloampat dari dalam kamar ke bawah, kabur dari kejaran polisi, hingga loncat dari atas angkot dalam kondisi segar bugar.

Protes Amanda Manopo ini sebenarnya sudah kedua kalinya dilakukan. Ia pernah menyindir langsung para petinggi RCTI, MNC Pictures agar memperhatikan jalan cerita yang kian ruwet. Saat itu, ada perbaikan dan alur kembali padat. Kini, apakah protes akan didengar atau membiarkan Amanda Manopo dan penonton setia benar-benar meninggalkan Ikatan Cinta?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.